Install Aplikasi/Game Android dari Google Play (dulu Market) Secara Offline via APK Downloader


Punya blog, tapi juarang pol diisi, hehehe…

Ya inilah saya, (sangat) malas kalau disuruh nulis, hehe. Nah, mumpung penyakit malasnya agak ‘menghilang’, saya akan coba sharing tentang cara untuk menginstal (halah😛 ) aplikasi-aplikasi yang normalnya HARUS diunduh langsung via gadget Android anda via koneksi seluler ataupun wi-fi dapat anda install secara offline via PC anda.

Maksud gimana??? Maksudnya adalah anda BISA download aplikasi yang anda sukai di Google Play via browser biasa (dalam hal ini harus Google Chrome), mendownload file installer nya via PC dan menginstalnya secara offline pada gadget Android anda. Dengan menginstall aplikasi secara offline, anda bisa lebih mudah untuk ‘meletakkan’ aplikasi itu, apakah di memory telepon ataukah di memory eksternal. Dan pastinya anda tidak perlu keluar pulsa, hehehe…

Persiapannya:
1. Download dan install browser Google Chrome (versi 17 keatas) di PC/laptop/netbook anda. Cara untuk melihat versi Google Chrome anda adalah mengklik ikon berbentuk kunci pas seperti gambar berikut, lalu pilih About Google Chrome / Tentang Google Chrome:
Image

Image
2. Download pengaya (extension) Chrome yang bernama APK Downloader disini. (kecil kok cmn 29,2 KB)
3. Pastikan Chrome tidak sedang dijalankan, lalu buka file tersebut (install) menggunakan Chrome. Pastikan menyetujui peringatan keamanan yang muncul (gampangannya pilih, OK, Yes dsb, hehehe…)
4. Tutup/matikan Chrome.
5. Selanjutnya adalah mendisable alias mematikan SSL error warning. Caranya adalah cari shortcut Chrome yang ada di desktop anda, lalu klik kanan (pilih properties di shortcut tersebut). Klik tab “Shortcut” tab., lalu pada kotak “Target”, masukkan [spasi]–ignore-certificate-errors at the end. Untuk tulisan [spasi] di atas maksudnya masukkan spasi sebelum tulisan –ignore-certificate-errors at the end. Jika sudah kelar, klik “OK” .

Hasilnya akan seperti berikut:
C:\…\chrome.exe –ignore-certificate-errors
atau
“C:\…\chrome.exe” –ignore-certificate-errors

Lihat gambar berikut agar tidak salah!

5. Matikan Chrome, lalu buka menggunakan shortcut yang barusan dibuat.
6. Buka halaman opsi APK Downloader. Jika yang tertampil di layar anda adalah yang seperti gambar yang kanan (kotak peringatan yang berwarna merah hilang, berarti anda sudah sukses mendisable SSL error warnings !!!! Cek gambar berikut untuk jelasnya:

 

7. Masukkan device id dan email yang anda gunakan untuk masuk ke Google Play (Market) seperti biasanya.

Cara untuk mengetahui device id anda ada 2 cara:

a. Cara Mudah: Install aplikasi Device ID ini di Gadget Android anda. Anda akan dapat dengan mudah mengetahui email dan device id anda

b. Cara (agak) rumit: buka gadget anda, pilih tombol telepon seperti anda akan memasukkan nomor telepon (dial pad), lalu ketik *#*#8255#*#* ( 8255 = TALK ). Ini akan membuka “GTalk Service Monitor”. Temukan baris yang dimulai dengan JID dan Device ID. Email anda adalah JID, dan Device id anda adalah tulisan setelah awalan android- prefix.

Contohnya: bila yang tampak dilayar adalah android-1234567890abcdef , maka device ID anda adalah 1234567890abcdef

c. Masukkan password Anda. Jika tidak ada yang terlewat maka anda sudah bisa menggunakan APK Downloader.

Lalu cara memakainya bagaimana?
Masuk aja ke Google Play via Chrome yang sudah diedit tadi, lalu pada halaman aplikasi yang anda maksud, akan ada simbol seperti ikon Android di address bar seperti gambar ini:

Klik aja robot ijo itu, otomatis download deh…

CATATAN PENTING:
1. Walaupun aplikasi ini bukan dibuat untuk nge-hack, aplikasi ini bisa jadi melanggar ketentuan Google. Jadi resiko ditanggung sendiri ya…
2. Aplikasi yg bisa diunduh file installer-nya (*.apk) adalah aplikasi yg free. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi yg berbayar, tentu saja apabila Anda sudah membeli aplikasi tersebut di Google Play (Market). Jadi singkatnya, aplikasi ini bukan untuk download installer yg berbayar, hehe… (kalau mau aplikasi yang full/premium/pro, googling aja, banyak kok, hehehe…)

Sumber/halaman resmi APK Downloader:
http://codekiem.com/2012/02/24/apk-downloader/