7 Kesalahan ‘Terbodoh’ yang Sering Kita Lihat di Facebook


Facebook saat ini penuh dengan orang-orang yang terlalu percaya diri, membuat saya sering ‘getun’ (heran tingkat tinggi-dari bahasa Jawa). Orang-orang ‘berteriak’ dalam status-statusnya, yang kerap kali membuat saya terheran-heran dengan tingkat IQ mereka!

Apakah Anda juga ‘bersalah’ dengan melakukan salah satu ‘kesalahan-kesalahan’ ini di Facebook?


1. Mengungkap Tanggal Lahir Lengkap Anda

Mengapa ada orang yang memberikan tanggal lahir lengkap mereka di depan umum?

Kecuali bila Anda masih berusia 25 tahun atau di bawahnya, bagaimana mungkin Anda ingin orang lain tahu mengapa Anda bernyanyi bersama musik lift (gak banget deh!!), atau mengapa Anda tidak lagi berpikir tentang batas kecepatan sebagai tantangan (whatt???? Nyari mati itu namanya!)

Menurut para ahli keuangan, dengan memberikan tanggal lahir lengkap, Anda telah ‘mengijinkan’ para pencuri, hacker, ato semacamnya itulah untuk mengidentifikasi profil anda untuk ngisengin anda! Ya kalo ngisengin yang enak, kalo ngisenginnya dengan mbobol ATM anda, aha! Mau nggak?😀

Jika Anda hanya ingin biar dikasih ratusan ucapan selamat ultah di halaman profil anda, kasih aja bulan dan tanggal lahir anda saja… dan tanpa tahun!


2. Mengumumkan Kalo Lagi Liburan / Pergi Jauh!!

Anda mungkin malah sekedar membuka pintu depan rumah anda dan menggantungkan papan gedhe yang berucap “Lagi Ke Bali, Boss” ketika anda memberitahukan via status anda bahwa anda lagi berlibur ke pulau dewata, misalnya: “OTW Bali, asyik masyuk boss! :D”

Yang namanya orang jahat, baik perampok, maling, garong dan sebangsanya bisa dari berbagai golongan, jenis kelamin, dan dapat menyaru sebagai akun palsu di facebook. Sekarang banyak akun palsu kan di facebok, coba cek daftar teman anda deh…

Jadi silahkan ‘membual’ di status anda tentang liburan Anda setelah Anda memutar kunci di pintu depan Anda dan mendesah, “Senang bisa kembali pulang.”

3. Menggunakan Kata Sandi/Password yang Guampang dan Juelas😀

Mengapa menggunakan kata sandi di Facebook dimana anak SD pun bisa mencari tahu?

Cobalah untuk menghindari kata-kata umum dan nama ketika membuat password untuk akun Anda, dan memilih campuran huruf KAPITAL dan kecil, $imb0l dan angka.

Tps: Coba masukkan dalam simbol dan angka di tengah-tengah kata sandi Anda untuk membuat para hacker yang ‘sakit’ itu kelimpungan saat mau membobol akun anda.🙂

4. Mengabaikan Kontrol Privasi

Kontrol privasi yang diabaikan tentu akan ‘mengundang’ tangan-tangan jahil untuk mengerjai anda.

Di Facebook sebenarnya telah disediakan kontrol penuh terhadap akun anda untuk mengindar dari si tangan jahil, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat, misalnya no. HP anda atau e-mail anda. Pasang deh, no. HP Anda jelas-jelas di info profil anda bila anda kepingin ada no. asing yang tengah malam mengganggu anda, hehe. Siapa nih orang? Yang jelas orang jahil deh yang pengin mengganggu anda, atau sekedar pengen kenalan? Capek deh….😛

Anda bisa lo nyetting akun Facebook Anda dengan membatasi, tidak hanya no. telp, HP, atau e-mail… tapi juga foto, informasi pribadi, dan bahkan wall/dinding profil Anda!

Jadi, singkirkan lengan baju, pasang semangat 45😀 dan sedikit utak-utek di pengaturan privasi, maka anda bisa bernafas lega karena (misalnya) anda lagi ngomongin si boss, sementara rekan kerja anda nggak bisa ngelihat posting-posting anda, haha. Hush, gak apik itu, ntar dikasih Surat Peringatan, baru nyahok😀

5. Tidak Mikir Panjang Sebelum Posting

Aparat penegak hukum, pengusaha, dan boss anda bahkan sampai perusahaan asuransi pun mengintip halaman Facebook berusaha untuk mendapatkan apapun, yup, apapun dari Anda!

Jadi, jangan posting apa-apa yang bisa ‘mendaratkan’ Anda di penjara, membuat Anda dipecat dari pekerjaan atau membatalkan polis asuransi Anda dengan memberikan mereka info palsu tentang resiko dan gaya hidup Anda!

Satu studi yang dilakukan pada 2009 oleh perusahaan keamanan internet Proofpoint membeberkan bahwa 8 persen dari perusahaan memecat seseorang atas “penyalahgunaan” media sosial!

Dan kita memiliki setiap alasan untuk percaya tentang hal ini akan meningkat seiring waktu – jangan biarkan diri Anda menjadi bagian dari statistik ini!

6. Gagal Untuk Mengunakan Fitur Pesan Pribadi

Mengapa Anda mengundang orang-orang tertentu untuk membicarakan sesuatu yang bukan konsumsi publik di dinding Facebook Anda? Misalnya janjian dengan rekan kerja anda untuk beli pampers karena anak anda yang berusia 10 tahun masih ngompol?😀 Ini tentang sesuatu hal yang norak!

Gunakan fitur pesan pribadi Anda untuk berkomunikasi dengan beberapa orang yang dipilih tentang kejadian yang akan datang atau untuk percakapan yang tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi oleh publik.

7. Menyebutkan Nama-Nama Anak Anda Dari bawah 13

Apakah benar-benar perlu untuk menyebutkan anak-anak Anda pada untuk jaringan 12 teman dunia-nyata dan 443 lainnya yang “Saya benar-benar tidak tahu orang-orang itu tapi aku ‘friended’ dengan mereka” pada halaman Facebook Anda?

Orang-orang tua perlu tahu bahwa di jejaring sosial, faktor keamanan adalah tanggung jawab bersama antara pengguna dan penyedia situs.

Sayangnya, ada banyak sekali orang-orang yang tidak kita diinginkan keberadaanya seperti predator dan penculik, yang mungkin memiliki, atau bisa mendapatkan akses informasi Anda dan keselamatan Anda tentunya via situs jejaring sosial.

Apakah Anda benar-benar ingin memberi tahu para berandalan ini nama anak-anak Anda, seperi Chubby dan Plumpy, atau tahu, ke mana mereka pergi ke sekolah?

Memberikan privasi pada anak-anak Anda adalah aturan tak tertulis di Facebook buat orangtua! Mari Ikuti!

Jadi pembaca, seberapa sering Anda melihat orang-orang membuat kesalahan-kesalahan konyol di atas pada halaman Facebook mereka? Apakah Anda berhati-hati tentang bagaimana Anda menggunakan Facebook?

Catatan:
Diterjemahkan secara bebas dan slengekan dari:
http://www.allfacebook.com/facebook-stupidest-mistakes-2011-08