Keamanan Komputer = keamanan “Hidup” Kita. Lindungi Komputer Anda!


Wah, dari judulnya saja kok terasa lebay banget yah? Hehe. Mungkin terasa begitu, tapi sadarkah kita, betapa dunia modern seperti saat ini hampir semua sudah computerized alias di komputerisasi? Mari kita lihat sekeliling kita, ada nggak yang tidak ada hubungannya dengan “kotak pintar” itu?

 

clip_image002

 

Periksa saku anda, ada handphone yang sering disebut hape, mengacu dari singkatannya (HP). HP jaman sekarang sudah selayaknya komputer kan? HP yang kita miliki sekarang sudah canggih, tidak hanya bisa untuk kirim SMS dan telepon saja, tapi jauh lebih itu karena dia disesaki berbagai teknologi third generation alias 3G, bahkan 3,5G atau HSDPA. Sekarang HP bisa jadi ATM, browser, kamera, konsol game, senter, bahkan alat mata-mata! Canggihnya… Lalu komputer sendiri, baik dalam bentuknya yang desktop atau yang biasa kita kenal dengan istilah PC (Personal Computer), maupun yang berbentuk praktis, yang kita kenal dengan istilah portable computer alias laptop alias notebook sudah menjadi barang sangat jamak ada di sekeliling kita. Belum lagi saat ini kita semakin dimanjakan dengan adanya laptop mini! Itu loh, laptop yang kecil, yang sering diperdagangkan dengan nama jual netbook karena simpel dan praktisnya.

Lalu, apa hubungannya dengan judul artikel di atas? Begini, karena sudah begitu computerized-nya dunia kita saat ini, segala hal yang berkaitan dengan hidup kita kita ‘serahkan’ pada komputer dan segala teknologi yang ditanamkan padanya. Mulai dari keuangan kita, pekerjaan kita, data-data penting kita bahkan data-data pribadi, sekarang diubah secara digital menjadi byte yang ada di hard disk kita, baik yang local, terhubung dengan server maupun virtual. Tentu, segala yang berharga tersebut harus kita amankan. Apa saja yang harus diamankan? Tentu banyak sekali. Tapi setidaknya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk keamanan data di komputer anda sendiri. Apa saja sih bahaya yang mengancam keamanan data kita? Mungkin anda semua belum kenal sama yang namanya malware (berasal dari kata malicious dan software). Tapi kalau dengan virus, kenal nggak? Virus itu ya malware, karena malware itu sendiri merupakan istilah yang mengacu pada berbagai jenis software perusak keamanan data. Jadi malware itu bisa berupa virus, worm, trojan horse, rootkit, backdooor, spyware, keylogger, dialer, dan sekarang yang paling populer adalah phishing.

Banyak ya? Tidak perlu khawatir, setidaknya anda bisa melakukan 6 langkah kecil dalam mengamankan keamanan anda. Apa saja???

1. Gunakan AntiVirus

Tentu saja ini yang paling penting. Mau nggak mau anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh ya! Jika nggak punya duit jangan gunakan antivirus bajakan…gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus internet. Kenapa tidak boleh yang bajakan? Karena bila bajakan, begitu anda update, langsung ketahuan deh ama si pemilik perusahaan virus. Nah, lalu diblokir program antivirus anda, lalu ujung-ujungnya, komputer anda “bebas anti-virus” malahan. Bahaya kan?

2. UPDATE!

Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. SEMUANYA! Baik itu Operating System (OS)-nya, software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna, pasti ada sebuah celah keamanan. Jangan percaya programmer yang berkata “Software saya sempurna dalam keamanan komputer”.

Loh, bagaimana dengan nasib komputer saya yang ber-OS bajakan? Windows misalnya. Ternyata ketahuan ama Microsoft dan ujung-ujungnya ada beberapa program yang diblokir dan ada tulisan dan peringatan yang mengganggu terus. Yah, kalau seperti ini ya salah sendiri. Suruh siapa pakai yang bajakan. Solusinya? Beli dong, hehe. Kalau mau OS yang gratis pun ada, LINUX. Tapi ya kudu gitu, harus belajar lagi. Pilih mana? Hehehe…
Jadi, untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update, karena virus internet juga selalu update terus.

3. Hati-hati saat browsing

Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno (diinget yah!) maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.
Tapi saya tahu anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu. Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu.. Sudah acuhkan saja.
Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.

4. Selalu scan file yang di download

Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya seperti blog ini. Itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus. Contohnya setelah anda mendownload ebook gratis, apa anda yakin ebook itu bebas virus? Atau saat mendapatkan script gratis, apa benar script itu benar-benar aman?

Mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati

5. Hati-hati email

Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah itu dikirim oleh orang asing…bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”
Gimana nggak bertambah, lha wong semua file dihapus. Hahahahahaha !!!!!

6. Baca terus Artikel keamanan komputer

Perkembangan sebuah komputer itu berjalan seperti halnya seekor cheetah …cepat sekali. Mungkin artikel kemanan komputer yang anda baca 1 bulan yang lalu sudah usang termakan zaman. Jadi terus-teruslah membaca berbagai artikel komputer yang bagus. Jadi, jangan malas untuk terus belajar ya.

Salam🙂 (avicinna)

 

(Seperti yang termuat di Tabloid SUARA KOTA PROBOLINGGO Edisi 115 Tahun 2010)