Avicinna's Blog

A humble Avicinna's weblog

Apakah Burung Garuda Memang Benar Ada ??


image

Garuda adalah seekor burung mitologis, setengah manusia setengah burung, wahana Wisnu. Ia adalah raja burung-burung dan merupakan keturunan Kaśyapa dan Winatā, salah seorang putri Dakṣa. Ia musuh bebuyutan para ular, sebuah sifat yang diwarisinya dari ibunya, yang pernah bertengkar dengan sesama istri dan atasannya, yaitu Kadru, ibu para ular.
Sinar Garuda sangat terang sehingga para dewa mengiranya Agni (Dewa Api) dan memujanya. Garuda seringkali dilukiskan memiliki kepala, sayap, ekor dan moncong burung elang, dan tubuh, tangan dan kaki seorang manusia. Mukanya putih, sayapnya merah, dan tubuhnya berwarna keemasan.
Ia memiliki putera bernama Sempati (Sampāti) dan istrinya adalah Unnati atau Wināyakā. Menurut kitab Mahabharata, orang tuanya memberinya kebebasan untuk memangsa manusia, tetapi tidak boleh kaum brahmana. Suatu ketika, ia menelan seorang brahmana dan istrinya. Lalu tenggorokannya terbakar, kemudian ia muntahkan lagi.
Garuda dikatakan pernah mencuri amerta dari para dewa untuk membebaskan ibunya dari cengkeraman Kadru. Kemudian Indra mengetahuinya dan bertempur hebat dengannya. Amerta dapat direbut kembali, tetapi Indra luka parah dan kilatnya (bajra) menjadi rusak.
Karena semua yang ada di kitab-kitab itu biasanya terinspirasi dari benda-benda nyata. Sama seperti tokoh wayang, fiktif semua, tapi sebenarnya idenya dari sosok manusia yang nyata. Jadi benar tidak, burung garuda itu rajawali atau elang jawa?

clip_image001clip_image002clip_image003clip_image004

Manuk Dadali di sunda (atau bahasa kerennya falcon) bukan garuda. Elang Jawa juga bukan garuda, tapi rajawali. Burung garuda di dunia cuma ada 7 jenis. Yaitu Garuda Harpy (Harpy artinya dewi badai) di Amerika Selatan ada 4 jenis. Garuda Pemangsa Monyet di Philipina dan Garuda Pemangsa Kanguru di Irian atau Papua Barat dan Papua Nugini. Garuda Haast (Harpgornis morei) yang terbesar, pemangsa burung Moa dan suka mamangsa manusia dari suku maori di New Zealand. Garuda yang ini, ’baru saja’ musnah sekitar 1.000 tahun yang lalu. “Hokioi” demikian orang Maori menyebut Garuda New Zealand.

Garuda Haast bisa jadi merupakan burung terbesar yang pernah hidup, dengan rentang sayap mencapai 8-10 kaki (sedangkan Elang Emas betina (Golden Eagle) memiliki rentang sayap 8 kaki) dengan berat 33 pon atau sekitar 16 kg.

Nah….
Banyak yang berpendapat kalau lambang negara kita sebenarnya adalah elang jawa….
Elang Jawa atau dalam nama ilmiahnya Spizaetus bartelsi adalah salah satu spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau jawa. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Dan sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia.

About these ads

August 18, 2010 - Posted by | Uncategorized

3 Comments »

  1. mana buk tinya kk

    Comment by rama | January 7, 2011 | Reply

    • Bukti?
      Waduh, itu yg di atas semua… :)

      Comment by muhavicinnad | January 10, 2011 | Reply

  2. garuda = elang jawa
    krn garuda sebenarnya adalah filosofi, jd sebenarnya lambang negara kita adalah elang jawa

    Comment by Ricardo Can | November 19, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: